Saturday, October 6, 2012

PROLOG


Salesman, sebuah profesi yang jarang dilirik orang karena pekerjaan menjual dianggap kurang bonafid. Banyak yang tidak mengetahui bahwa salesman merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. Perusahaan penyedia barang maupun jasa memerlukan salesman untuk menjual produknya. Dengan adanya penjualan, perusahaan akan mendapatkan laba yang nantinya dapat digunakan sebagai penunjang kesejahteraan karyawan serta pengembangan perusahaan itu sendiri.

Nah, demi tercapainya penjualan yang sehat dan berkembang maka salesman harus memiliki karakter-karakter positif yang harus terus dibangun. Di antara karakter positif tersebut antara lain :

JUJUR
Jujur berarti antara yang diucapkan sesuai sama perbuatannya. Dengan kejujuran, hubungan antara perusahaan dan pelanggan akan mudah untuk terjalin. Disamping itu, ketika salesman jujur dalam pekerjaannya maka dia akan mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan yang mana hal tersebut sangat dihargai tinggi oleh pelanggan.


DISIPLIN
Salesman yang disiplin adalah salesman yang mematuhi kebijakan atau prosedur yang sudan ditetapkan. Perusahaan biasanya sudah menetapkan aturan main atau standar prosedur baku, dengan mematuhi standar tersebut diharapkan salesman akan lebih mudah dalam menjalankan kewajibannya.

SABAR
Sabar mengacu dengan pengendalian diri. Salesman yang tetap tenang,berkepala dingin dan mampu menjaga emosi cenderung mudah menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang muncul dengan pelanggan. Pelanggan yang rewel biasanya adalah pelanggan yang loyal terhadap perusahaan kita.

RAJIN
Salesman harus terus berusaha meningkatin kualitas dirinya serta mempunyai cara-cara yang inovatif untuk meningkatkan penjualan. Rajin berhubungan dengan kebiasaan, jadi ketika kita melakukan suatu pekerjaan yang baik dengan terus menerus maka hal itu akan menjadi kebiasaan yang pada akhirnya akan meningkatkan potensi salesman pula.

TULUS
Ketulusan merupakan nilai tambah seorang salesman. Pelanggan mampu merasakan apakah sikap yang ditunjukkan salesman tulus atau tidak. Penjualan yang didasari ketulusan biasanya mampu menarik pelanggan yang lebih banyak dan ujungnya meningkatkan volume penjualan

BERINTEGRITAS
Yang dimaksud dengan berintegritas yaitu berkomitmen dengan kewajiban serta konsisten dengan janji yang telah diucapkan. Integritas menunjukkan kualitas seorang salesman dan perusahaan yang digawanginya

LOYAL
Seorang salesman seyogianya mampu melakukan pekerjaan sebaik-baiknya sambil tetap mampu menjaga nama baik perusahaan

/sekian

1 comment:

  1. masalahnya bos dari pengalam saya pribadi yang pernah jadi salesman di salah satu perusahaan bonafid bahkan perusahaan ini sudah Tbk adalah intensif yang sangat buruk, masa saya keliling menawarkan barang seharga puluahn hingga ratusan juta disuruh pake kendaraan sendiri, yaitu motor saya, saya sudah komplain tetap disuru pake motor saya sendiri, apa susahnya kasih kendaraan operasional, uang bensin perbulan 500rb lebih dari itu tidak dikasih, uang pulsa 200rb, lebih dari itu tidak dikasih, semuanya harus klaim dengan struk asli pom bensin dan toko pulsa(bikin repot) gaji UMR 1.3 juta, dasar perusahaan dongo sampe sekarang saya masih jengkel sama perusahaan itu, baru jarak yang harus saya tempuh setiap hari itu setara jauh banget, saya merasa tekor, ITU MASALAHNYA SALESMAN MEMANG UJUNG TOMBAK PERUSAHAAN TAPI KEBANYAKAN MANAGEMEN ATAU PRESIDEN DIREKTOR ATAU YANG PUNYA PERUSAHAAN TIDAK BERPIKIR SEPERTI ITU

    ReplyDelete