Saturday, October 6, 2012

FUNGSI DAN TANGGUNG JAWAB SALESMAN


Perusahaan, terutama yang bergerak di bidang distribusi memiliki peran untuk mendekatkan barang pada konsumen sehingga konsumen mudah mendapatkan barang yang ia butuhkan. Perusahaan ini akan mampu meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya apabila sanggup menyediakan jaringan dan proses distribusi yang berkualitas.
Salesman sebagai garis depan perusahaan memiliki fungsi yang vital dalam proses distribusi. Ia juga memiliki peran sebagai pengembang pasar. Ketika distribusi yang dilakukan salesman mampu menyebar dalam lingkup area yang luas dengan merata maka kebutuhan konsumen terhadap barang dapat dipenuhi.

Salesman, baik melakukan penjualan barang maupun jasa memiliki tanggung jawab yang kurang lebih sama. Nah, salesman bertanggung jawab terhadap apa saja?

SALES
Sales adalah nilai penjualan yang difakturkan oleh salesman, baik dalam satuan volume maupun value. Pencapaian sales akan lebih mudah jika salesman dapat melakukan breakdown target, baik breakdown berdasar volume, berdasar value, berdasar hari kerja ataupun berdasar jenis produk (jika seorang salesman membawa beberapa brand).

COVERAGE
Merupakan cakupan wilayah/rayon atau sebaran pelanggan di sebuah area yang menjadi tanggung jawab salesman. Semakin luas area yang di-cover salesman diharapkan jumlah pelanggan akan meningkat dan distribusi dapat merata. Cara termudah menjaga coverage adalah dengan melakukan kunjungan secara rutin kepada pelanggan, sedangkan untuk mengembangkan coverage dapat dilakukan dengan penambahan outlet/pelanggan baru.

KETERSEDIAAN PRODUK
Salesman bertanggung jawab terhadap tersedianya produk yang layak jual di sebuah outlet/pasar. Oleh karena itu, apabila terdapat produk-produk yang tidak layak karena kadaluarsa atau rusak kemasan maka salesman berkewajiban menarik produk tersebut dari outlet yang bersangkutan.

STOK
Adalah jumlah produk layak jual yang berada di rak pajang dan di dalam gudang outlet. Dengan  mengecek secara rutin dan mengetahui jumlah stok di outlet, salesman dapat mengetahui pola pembelian konsumen dan informasi berharga lainnya.

PIUTANG
Piutang perusahaan berupa tagihan kepada pelanggan atas penjualan barang yang telah dilakukan. Monitoring terhadap piutang secara berkala dapat meminimalisir piutang tidak tertagih (piutang overdue). Agar piutang dapat tertata maka salesman harus menyesuaikan tagihan dengan rute kunjungan

PENGIRIMAN
Salesman memonitor kegiatan pengiriman barang yang dilakukan oleh divisi pengiriman apakah barang tersebut sesuai atau tidak dengan pemesanan oleh pelanggan. Dengan memonitor pengiriman, salesman dapat pula mengetahui pesanan-pesanan pelanggan yang tidak terlayani baik karena stok kosong maupun karena piutang yang belum selesai.

KOORDINASI
Salesman harus memiliki kemampuan untuk mengelola dan memanfaatkan sistem kerja sama di internal perusahaan dalam penyelesaian sebuah pekerjaan. Koordinasi dapat pula dilakukan antara salesman dengan supervisor apabila menemui kendala, serta dengan principle apabila ada program yang mendukung penjualan.

LAPORAN
Laporan salesman yang berisi data dan karakteristik pelanggan, data penjualan serta aktivitas kompetitor dapat digunakan sebagai informasi bagi evaluasi dan tindak lanjut pengembangan pasar.

HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN
Membangun hubungan baik dengan pelanggan merupakan sebuah keharusan. Saat hubungan baik telah terbangun, salesman harus menjaga hubungan baik tersebut sehingga dapat meningkatkan profit perusahaan dan pelanggan yang bersangkutan.


/sekian

3 comments: